Tugas kuliah

Nama   :           Lukman Hakim
Nim     :           20140720109
Kelas   :           PAI C

Mata Pelajaran             :           Akidah Akhlak
Kelas/ Semester                       :           X semester Gasal
Pokok bahasan            :           Memahami Masalah Aklak
Kopetensi Dasar          :
1.      Menjelaskan pengertian akhlak
2.      Menjelaskan akhlak-akhlak terpuji dan akhlak-akhlak tercela
3.      Menjelaskan macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak
4.      Menerapkan metode-metode peningkatan akhlak dalam kehidupan
Nilai karakter               :           Harapannya agar siswa memiliki Akhlak yg baik
Model pembelajaran    :
1.      Tanya jawab
2.      Ceramah
3.      Dikusi
4.      Memperhatikan vidio/cerita pendek/gambar
5.      Penugasan
6.      Praktek
7.      Mempresentasikan hasil diskusi
Materi pembelajaran    :
Sumber belajar             : LKS AQODAH AKLAK X MA/HIKMAH/SMTR GANJIL darihalaman 41-60
Sekenario Pembelajaran           :
a.  Pendahuluan
1.      Guru mgengucapkan salam
Misal “ assalamualaikum anak-anak” apakabar  selamat pagi/siang/sore... sehat? sedah makan? Dan sapaan-sapaan sederhana.
2.      Guru dan murid membuka pelajaran dengam membaca basmalah bersama atau dengan doa bersama
Misal “sebelum kta memasuki pelajaran mari kita bersama membaca basmlah bersama...” Bismillah hirrohman nirrohim....” atau membaca doa pembuka pelajaran.
3.      Guru mengapsen siswa sebelum pelajaran dimulai
Misal “anak-anak siapa yg tidak hadir?” Ifan sama andi biguru/ pak guru “kenpa?” tidak tau bu guru/pak guru...
“Ya mari kita doakan semoga di pertemuan selanjutmya mereka dapat mengikuti pelajaran dengan baik”
4.      Guru memotivasi siswa untuk terus mempelajari prinsip-perinsip akhlak dalam kehidupan
5.      Guru menyampaikan peta konsep apa yg akan dipelajari pada hari tesebut
Misal “anak anak hari ini kita akan membahas tentang akhlak ya...dari yang pertama
1.pengertian dan ruang lingkup akhlak
2.induk-induk akhlak terpuji dah tercela
3.macam-macam metode –peningkatan kualitas akhlak dan yang terahir
4.macam-macam metode peningkatan akhlak
“nah itu pelajaran yg kita akan bahas di hari ini...”
“lalau guru menayai kembali agar murid fokus dalam pembelajaran

“Misal”
Caba di ulangi anak anak yang pertama....? yang kedua...? yang ke tiga...? yang terahir...?
Setelah itu jangan lupa memberi tepuk tangan atau rewed atas jawaban yg telah mereka jawab...” Bagus’ Betul” benar” hal ini agar memberi semangat atau motivasi siswa dalam awal pembukaan pelajaran

b. Inti
1.      Tanya jawab awal tentang akhlk
Namun sebelumnya kitamenayangkan vidio/gambar/ cerita
  
2.      Guru meminta siswa untuk memperhatikan sebuah vidio/gambar/ cerita yang telah disapkan.
“Anak anak coba perhatikan vidio/gambar/ cerita di papan tulis / di sled”
3.      Guru meminta siswa untuk mengungkapkan apa yang mereka lihat pada vidio/gambar/ cerita.
“anak-anak apa yg bisa kita ambil dalam vidio/gambar/ cerita di slid yang berkalitan dengan 4 materi diawal kita yang akan kita pelajari?” Dengan begitu anak-anak akan merespon gambartersebut.
4.      Guru menyuruh siswa mengambil sebuah pelajaran dari vidio/gambar/ cerita yang telah mereka lihat
Misal “anak-anak pelajaran apa yg bisa kita ambil dari vidio/gambar/ cerita ?”
Guru bisa memnyuruh bersama-sama dalam 1 kelas atau per orangan anak untuk menjawabnya... setelah itu jangan lupa memberi rewed berupa pujian atau tepuk tangan agar seswa tersebut semakin semangat dalam mengikuti pelajaran.
5.      Setelah itu guru membagi kelas membagi beberapa kelompok
Misal “ayo anak-anak sekarang kalian membuat kelompok 2 2 /3 3/4 4 (sesuai yg di butuhkan) nanti ada sebuah permainan
6.      Guru menyuruh murid untuk mempraktekan akhlak terpuji dan tercela dengan Drama yg telah di bagi dalam kelompok
7.      Guru memberi waktu kelompok untuk berdiskusi
Misal” ayo anak- kita membuat derama tentang akhlak terpuji dan tercela...”
Dalam drama tersebut di combinasi dengan Game Cik sau” agar suasana lebih disukai oleh pala murid
“Drama yg di buat tak usah terlalu rumit simpel tapi dapat di mengerti seperti contoh:

Akhlak trpuji:

  


Akhlak trecela:





“ketika salah satu kelompok mempraktekan drama... kelompok yg lain memperhatikan dan mengambil hikmah dari akhlak-akhlak yg telah di tampilkan”
8.      Setelah semua mempresentasikan semua derama kelompok dengan perpaduan Game “cik Sau “ lalu guru menginstruksikan untuk mempresentasikan dari apa yg seharusnya dilakukan dan yang tidak dilakukan dari akhlak-akhlak tersebut.
9.      Memberi nilai dari usaha yg telah siswa lakukan... dari seluruh aspek entak kekompakan ke senian dalam drama katangkasan dalam kelompok dan lain-lain
10.  Merayakan semua yg telah di lakukan pada hari itu dengan tepuk tangan yang meriah...
c.   Penutup
1.      Mengajak anak anak membuat kesimpulan tentang apa yang telah di pelajari di hari ini dengan pertanyaan-pertanyaan yg mudah tapi mendasar.
Misal” anak-anak mencuri itu termasuk akhlak apa...?”bolehkah kita melakukannya...?” dan lain-lain hal itu untuk sebuah pendinginan sebelum pembelajaran di tutup.
2.      Jangan lupa memberi tugas untuk di kerjakan dirumah 5 soal atau 3 soal agar mereka mengulainginya kembali/ membaca kembali pelajaran-pelajaran yang telah di kerjkan hari ini.
3.      Guru menutup pelajaran dengan membaca hamdalah mialnya atau membaca doa kafarotul majlis dan lain-lain






Tidak ada komentar :

Posting Komentar