Selasa, 14 Juni 2016

REVIEW BUKU : CUCKOO’S CALLING ( ROBERT GALBRAITH AKA J.K ROWLING)

Gambar
Cukoo’s calling adalah novel karya Robert Galbraith yang merupakan nama pena dari penulis serial Harry Potter yaitu J.K. Rowling, Novel ini merupakan novel dewasa kedua yang dia tulis setelah Casual Vacancy.
Cukoo’s calling merupakan cerita kriminal yang berkisah tentang seorang detektif partikelir bernama Cormoran Strike, Strike adalah seorang veteran perang dan memiliki cacat kaki akibat ledakan bom. Strike sedang mengalami kegagalan hubungan dengan kekasihnya serta sedang dilanda kebangkrutan karena memiliki banyak hutang. Dalam kondisi hampir bangkrut tersebut, Strike kemudian bertemu dengan John Bistrow yang menawarinya pekerjaan untuk meyelediki kasus kematian adiknya, yaitu seorang super model inggris bernama Lula Landry, hasil pemeriksaan polisi menunjukan bahwa Lula Landry bunuh diri dengan melompat dari jendela kamar flatnya, namun John Bistrow meyakini bahwa lula tidak bunuh diri namun didorong oleh seseorang yang berada dikamar flatnya namun berhasil kabur.
Dalam proses berjalanan penyelidikan, awalnya strike sudah menduga akan mendapat hasil penyelidikan yang sama dengan polisi namun Strike justru menemukan fakta – fakta lain, dibantu oleh seorang sekretaris temporer bernama Robin, strike berhasil menghimpun rangkaian kejadian dari orang – orang terdekat lula dan akhirnya strikepun berhasil mendapatkan fakta mengejutkan siapa pembunuh Lula sebenarnya.
Jika anda berharap mendapat sebuah cerita detektif penuh aksi menegangkan atau adegan action yang berdarah maka anda tidak akan menemuinya dalam novel ini, Robert Galbraith benar- benar berhasil membuat sebuah kisah kasus pembunuhan yang terasa real. Pembaca akan diajak mengikuti kegiatan strike menemui dan mewawancarai keluarga, sahabat dan tetangga flat lula landry. Pembaca tidak akan disuguhkan hipotesis hipotesis siapa tersangkanya , namun pembaca seolah diajak menggunakan imajinasinya sendiri untuk menentukan siapa sebenarnya tersangka pembunuhan tersebut . Untuk novel dengan tebal 500 halaman lebih, cerita dalam novel ini memang kurang menegangkan namun cara bercerita Robert Galbraith yang ringan pada akhirnya mampu membuat pembaca ingin terus menamatkan ceritanya sampai akhir.
Alur cerita dalam novel ini bergerak maju, dimulai dengan tawaran pekerjaan dari John Bistrow sampai pada penemuan fakta- fakta kejadian dari keluarga, sahabat dan tetangga flat lula landry. Sesekali diceritakan mengenai masa lalu Cormoran Strike : tentang masa kecilnya, hubungan dengan kekasihnya Charlotte dan juga tentang kenangannya saat bertugas diangkatan darat. cerita masa lalu ini diceritakan lewat kenangan strike sehingga tidak berpengaruh pada alur maju yang berjalan dalam cerita. Mungkin salah satu tujuan penulis menceritakan kehidupan pribadi Strike ( yang tidak ada hubungan sama sekali dengan kasus Lula Landry) adalah karena ingin mencoba menghidupkan sang tokoh dalam benak pembaca, sehingga pembaca menjadi merasa dekat, namunsepertinya sedikit gagal, beberapa kali saya melewati bagian itu karena lebih tertarik pada perkembangan kasus lula landry, bahkan kadang – kadang justru terasa mengganggu karena memang tidak ada hubungannya dengan kasus lula.
Cukoo’s calling menggunakan setting lokasi di london, Robert Galbraith berhasil menggambarkan setting kota London dengan baik, Jelas sekali bagaimana dia menggambarkan jalanan sekitar Kentigern Garden yang merupakan flat dimana Lula dibunuh. Kita bisa membayangkan bagaimana mewahnya flat tempat tinggal para pesohor inggris itu, Robert Galbraith juga berhasil menggambarkan bagaimana keadaan kantor strike yang sumpek dan pengap, butik vasti, bar- bar tempat Strike mewawancarai orang orang disekitar Lula dan masih banyak lagi. Robert Galbraith yang memang adalah J.K. Rowling berhasil menggambarkan london seperti bagaimana dia menggambarkan hogwarts dalam Harry Potter, setting cerita yang detail yang akan terus hidup dibenak pembaca.
Untuk judulnya sendiri awalnya sempat bingung kenpa berjudul Cuckoo’s Calling, namun setelah melewati hampir setengah halaman baru kemudian saya tahu bahwa CUCKOO adalah nama panggilan Lula Landry, sehingga judulnya menjadi terasa pas. Cuckoo’s Calling adalah panggilan dari Lula agar fakta kematiannya bisa terungkap dengan benar.
Cuckoo’s calling merupakan novel yang cukup bagus, sebuah cerita kriminal yang rapi dan sama sekali tidak menyisipkan cerita berdarah atau adegan bersenjata , disitus goodreads.com novel ini mendapat rating 3.8 /5 dan sudah direview sebanyak 13.882 kali diseluruh dunia.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar