Teknologi dan Media
Memudahkan Pembelajaran
Kelompok
1:
1.
Widi Aji Wiratama (20140720) 2. Lukman Hakim (20140720109)
3. Nur Halimah (20140720123)
Point
yang akan di bahas??
Pengertian teknologi dan media
Kategori dasar media
Rangkaian kesatuan konkret-abstrak yang
digunakan dalam pemilihan teknologi dan
media
Pengertian
belajar
Ranah-ranah belajar
Perspektif psikologi dari belajar
Peran teknologi dan media dalam proses
pengajaran
Synchronous dan asynhoronous
Informasi dan instruksi
Strategi
1.
Pengertian Teknologi
Teknologi
berasal dari bahasa Yunani "technologia". Techne artinya kemampuan dan logia artinya ungkapan.
Wikipedia,
2006: Teknologi merupakan istilah yang luas berkaitan dengan pemanfaatan dan
pengetahuan tentang perkakas dan keterampilan.
Teknologi
pengajaran:
"pemanfaatan dan pengetahuan spesifik dari perkakas dan keterampilan dalam
pendidikan"
● Teknologi merupakan
penerapan diseluruh bagian kurikulum.
2.
Media
Media:
bentuk jamak dari perantara (medium),
merupakan sarana komunikasi. Berasal dari bahasa latin medium (antara), istilah ini
merujuk pada apa saja yang membawa informasi antara sebuah sumber dan penerima.
3.
Kategori dasar dari Media
Format media : bentuk fisik yang didalamnya berupa pesan
disertakan dan ditampilkan yang meliputi papan tulis penanda(visual dan teks),
slide power point,CD, DVD, dan multimedia komputer.
Teknologi dan media yang disesuaikan dan dirancang secara
khusus bisa memberi kontribusi bagi pengajaran yang efektif dari seluruh siswa
dan bisa membantu mereka meraih potensi tertinggi mereka, terlepas dari
kemampuan bawaan mereka.
4.
Rangkaian Kesatuan Konkret-Abstrak
5.
Belajar
Pengertian
belajar
Belajar
(learning) didefinisikan sebagai
" perubahan terus-menerus dalam kemampuan yang berasal dari pengalaman
pemelajar dan interaksi pemelajar dengan dunia. (Driscoll, 2000, hlm. 11).
6.
Jenis - jenis Belajar
1. Ranah Kognitif
Dalam ranah kognitif, belajar menggunakan
serangkaian kemampuan intelektual yang di kelompokkan menjadi informasi
verbal/visual atau keterampilan intelektual
2. Ranah Afektif
Ranah
afektif melibatkan sikap, perasaan, dan nilai-nilai.
3.Ranah Kemampuan Motorik
Dalam ranah kemampuan motorik, belajar
melibatkan keterampilan atletik, manual, dan keterampilan fisik lainnya.
4. Ranah Interpersonal
Keterampilan orang yang membutuhkan kemampuan
untuk berhubungan secara efektif dengan orang lain.
7.
Perspektif psikologis dari belajar
a.
Behavioris Perspektif
Implikasinya
adalah:
Dalam kegiatan pembelajaran tergantung dari
beberapa hal seperti: tujuan pembelajaran, sifat materi pelajaran,
karakteristik pebelajar, media dan fasilitas pembelajaran yang tersedia
b.
Kognitif Perspektif
Implikasinya
adalah:
membahas bagaimana orang berfikir menyelsaikan masalah dan
memutuskan sebuah keputusan.
c.
Konstruktivistik Perspektif
Implikasinya
adalah:
keterlibatan para sisawa dalam pengalaman yang bemakna
sebagai intisari dalam pembelajaran.
d.
Perspektif Psikologi Sosial
Implikasinya
adalah:
Peran
Teknologi dan Media dalam Belajar
1.
Pemanfaatan Teknologi dan Media oleh Guru
● Model ASSURE
● Pengajaran Tematik
Pemanfaatan
Teknologi dan Media oleh Siswa
Portofolio
Pendidikan
jarak jauh
Lingkungan
Belajar
Belajar
Dalam Waktu Bersamaan
(Synchronous)
Untuk pengajaran dalam waktu yang sama, para pembelajar harus
menghindari pengajaran pada waktu ang sama. Contohnya meliputi peresentasi
dalam ruang kelas, siaran langsung dalam televisi langsung.
Pengajaran dalam waktu bersamaan terdiri dari 2 macam
1.Yang pertama langsung
saling bertatapan seperti pembelajaran di sekolah-sekolah biasanya.
2.Jenis yg satunya lagi
sering di kenal sebagai pendidikan jarak jauh (lihat Bab 6). Pembelajaran
berlangsung diwaktu yang saman tetapi para pembelajar bisa berada di tempat
yang berbeda.
Belajar
Tidak dalam Waktu Bersamaan
(Asynchronous)
Informasi
dan Pengajaran
Pengertian
Informasi
● Pengertian Instruksi
Prinsip-prinsip
Pengajaran Efektif
Strategi
Tidak ada komentar :
Posting Komentar