Nama : Lukman Hakim
Nim : 20140720109
Kelas : PAI C
Mata
Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas/
Semester : X semester Gasal
Pokok
bahasan : Memahami Masalah Aklak
Kopetensi
Dasar :
1.
Menjelaskan
pengertian akhlak
2.
Menjelaskan
akhlak-akhlak terpuji dan akhlak-akhlak tercela
3.
Menjelaskan
macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak
4.
Menerapkan
metode-metode peningkatan akhlak dalam kehidupan
Nilai
karakter : Harapannya agar siswa memiliki Akhlak
yg baik
Model
pembelajaran :
1.
Tanya
jawab
2.
Ceramah
3.
Dikusi
4.
Memperhatikan
vidio/cerita pendek/gambar
5.
Penugasan
6.
Praktek
7.
Mempresentasikan
hasil diskusi
Materi
pembelajaran :
Sumber
belajar : LKS AQODAH AKLAK X
MA/HIKMAH/SMTR GANJIL darihalaman 41-60
Sekenario
Pembelajaran :
a. Pendahuluan
1.
Guru
mgengucapkan salam
Misal “
assalamualaikum anak-anak” apakabar
selamat pagi/siang/sore... sehat? sedah makan? Dan sapaan-sapaan
sederhana.
2.
Guru
dan murid membuka pelajaran dengam membaca basmalah bersama atau dengan doa
bersama
Misal “sebelum kta
memasuki pelajaran mari kita bersama membaca basmlah bersama...” Bismillah hirrohman nirrohim....” atau
membaca doa pembuka pelajaran.
3.
Guru
mengapsen siswa sebelum pelajaran dimulai
Misal “anak-anak
siapa yg tidak hadir?” Ifan sama andi biguru/ pak guru “kenpa?” tidak tau bu
guru/pak guru...
“Ya mari kita doakan
semoga di pertemuan selanjutmya mereka dapat mengikuti pelajaran dengan baik”
4.
Guru
memotivasi siswa untuk terus mempelajari prinsip-perinsip akhlak dalam
kehidupan
5.
Guru
menyampaikan peta konsep apa yg akan dipelajari pada hari tesebut
Misal “anak anak hari
ini kita akan membahas tentang akhlak ya...dari yang pertama
1.pengertian dan
ruang lingkup akhlak
2.induk-induk akhlak
terpuji dah tercela
3.macam-macam metode
–peningkatan kualitas akhlak dan yang terahir
4.macam-macam metode
peningkatan akhlak
“nah itu pelajaran yg
kita akan bahas di hari ini...”
“lalau guru menayai
kembali agar murid fokus dalam pembelajaran
“Misal”
Caba di ulangi anak
anak yang pertama....? yang kedua...? yang ke tiga...? yang terahir...?
Setelah itu jangan lupa memberi
tepuk tangan atau rewed atas jawaban yg telah mereka jawab...” Bagus’ Betul”
benar” hal ini agar memberi semangat atau motivasi siswa dalam awal pembukaan
pelajaran
b. Inti
1.
Tanya
jawab awal tentang akhlk
Namun sebelumnya
kitamenayangkan vidio/gambar/ cerita
2.
Guru
meminta siswa untuk memperhatikan sebuah vidio/gambar/ cerita yang telah
disapkan.
“Anak anak coba
perhatikan vidio/gambar/ cerita di papan tulis / di sled”
3.
Guru
meminta siswa untuk mengungkapkan apa yang mereka lihat pada vidio/gambar/
cerita.
“anak-anak apa yg
bisa kita ambil dalam vidio/gambar/ cerita di slid yang berkalitan dengan 4
materi diawal kita yang akan kita pelajari?” Dengan begitu anak-anak akan merespon
gambartersebut.
4.
Guru
menyuruh siswa mengambil sebuah pelajaran dari vidio/gambar/ cerita yang telah
mereka lihat
Misal “anak-anak
pelajaran apa yg bisa kita ambil dari vidio/gambar/ cerita ?”
Guru bisa memnyuruh
bersama-sama dalam 1 kelas atau per orangan anak untuk menjawabnya... setelah
itu jangan lupa memberi rewed berupa pujian atau tepuk tangan agar seswa
tersebut semakin semangat dalam mengikuti pelajaran.
5.
Setelah
itu guru membagi kelas membagi beberapa kelompok
Misal “ayo anak-anak
sekarang kalian membuat kelompok 2 2 /3 3/4 4 (sesuai yg di butuhkan) nanti ada
sebuah permainan
6.
Guru
menyuruh murid untuk mempraktekan akhlak terpuji dan tercela dengan Drama yg
telah di bagi dalam kelompok
7.
Guru
memberi waktu kelompok untuk berdiskusi
Misal” ayo anak- kita
membuat derama tentang akhlak terpuji dan tercela...”
Dalam drama tersebut
di combinasi dengan Game Cik sau”
agar suasana lebih disukai oleh pala murid
“Drama yg di buat tak
usah terlalu rumit simpel tapi dapat di mengerti seperti contoh:
Akhlak trpuji:
Akhlak trecela:
“ketika salah satu
kelompok mempraktekan drama... kelompok yg lain memperhatikan dan mengambil
hikmah dari akhlak-akhlak yg telah di tampilkan”
8.
Setelah
semua mempresentasikan semua derama kelompok dengan perpaduan Game “cik Sau “ lalu guru menginstruksikan
untuk mempresentasikan dari apa yg seharusnya dilakukan dan yang tidak
dilakukan dari akhlak-akhlak tersebut.
9.
Memberi
nilai dari usaha yg telah siswa lakukan... dari seluruh aspek entak kekompakan
ke senian dalam drama katangkasan dalam kelompok dan lain-lain
10. Merayakan semua yg telah di
lakukan pada hari itu dengan tepuk tangan yang meriah...
c.
Penutup
1.
Mengajak
anak anak membuat kesimpulan tentang apa yang telah di pelajari di hari ini
dengan pertanyaan-pertanyaan yg mudah tapi mendasar.
Misal” anak-anak
mencuri itu termasuk akhlak apa...?”bolehkah kita melakukannya...?” dan
lain-lain hal itu untuk sebuah pendinginan sebelum pembelajaran di tutup.
2.
Jangan
lupa memberi tugas untuk di kerjakan dirumah 5 soal atau 3 soal agar mereka
mengulainginya kembali/ membaca kembali pelajaran-pelajaran yang telah di
kerjkan hari ini.
3.
Guru
menutup pelajaran dengan membaca hamdalah mialnya atau membaca doa kafarotul
majlis dan lain-lain
Tidak ada komentar :
Posting Komentar